Thursday, May 29, 2014

Bahaya gampang marah


Bahaya gampang meledak marah

 
MARAH adalah emosi negatif yang sangat merusak tubuh.  Ketika anda marah banyak hormon yang aktif dan merusak tubuh anda.
Penyakit2 apa saja yang dapat diakibatkan oleh kemarahan ?
1. Penyakit Jantung /serangan jantung :
Penyakit jantung seperti jantung berdebar atau detak jantung yang cepat dapat dipicu oleh kemarahan. Jika Anda cepat marah, detak jantung mungkin terus-menerus tinggi membuat Anda rentan terhadap kardiak stoke. Kemarahan juga salah satu penyebab paling berbahaya yang memicu serangan jantung.
2. Gangguan Tidur
Ketika Anda marah, hormon2 berubah seperti racun dalam tubuh dan ketika marah menimbulkan  gangguan tidur, maka tubuh Anda tidak mendapatkan istirahat, di saat itulah anda menjadi sasaran empuk bagi banyak penyakit. Tubuh anda yang  memerlukan  recovery saat tidur justru sulit tidur, jam istirahat sangat minim, stamina anda drop, sementara hormon2 di dalam tubuh anda yang berubah menjadi racun merusak sel2 tubuh anda yang sehat.
3.  Tekanan Darah Tinggi
Kemarahan merupakan salah satu penyebab utama tekanan darah tinggi. Ketika Anda marah, tekanan darah menjadi (sangat) tinggi untuk sementara dan tekanan darah tinggi sementara waktu bahkan  menyebabkan kerusakan pada jantung.
4.  Masalah Pernapasan
Orang yang rentan gangguan pernapasan seperti asma sulit untuk bernapas ketika sedang marah. Kemarahan dapat memicu serangan asma dan sesak napas.
5. Sakit Kepala
Ketika Anda sangat marah, tidak terkontrol,pembuluh darah di otak berdenyut “liar”. Hal ini dapat memberi rasa sakit di kepala yang jahat dan tajam. Kemarahan yang terus dipendam pada akhirnya akan menimbulkan sakit kepala permanen yang sulit disembuhkan hanya dengan obat anti nyeri (analgesic – antipiretik)
6. Stroke
Stroke terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah. Hal ini dapat terjadi ketika kemarahan membuat tekanan darah Anda naik sangat tinggi. Cerebral stroke dapat membunuh atau melumpuhkan.
Darimana asalnya kemarahan muncul dalam pikiran manusia ?
Tidak ada seorang manusia yang lahir sudah membawa kemarahan di dalam pikirannya. Kemarahan adalah sebuah program pikiran, defense mechanism yang berlebihan yang sangat diyakini oleh yang bersangkutan.
Seorang bisa marah karena bemacam2 hal : tersinggung, tidak diterima, tidak dihargai, dilecehkan, hak2nya dirampas, merasa ditindas, atau karena merasa terancam, dlsb.
Pada intinya kemarahan adalah respon yang baik sebagai mekanisme pembelaan diri, jika kemarahan masih dalam level yang wajar, tidak berlebihan.
Akan tetapi pada kenyataannya, sama seperti emosi negatif apapun, terjadinya didalam diri manusia adalah berakumulasi sehingga pada akhirnya menjadi tidak mungkin dikontrol atau dikuasai lagi di saat kemarahan itu meledak karena sebuah pemicu.
marah-01
Dimana terjadinya itu ? Tidak lain adalah di level bawah sadar.
Dapatkah suatu kemarahan dihapus dari bawah sadar ?
Ini adalah sebuah pertanyaan yang sangat menarik dan jawaban nya belum banyak diketahui oleh penderita kemarahan.
Sebagai Hypnotherapist, saya sudah membantu sangat banyak penderita kemarahan untuk pulih sebelum ybs mengalami akibat atau kerugian kesehatan seperti yang saya sebutkan di atas.
Jangan menunda waktu , apalagi untuk memelihara kemarahan anda. Sebab sudah PASTI kemarahan yang anda simpan tidak memberikan manfaat apapun pada diri anda selain akan memperpendek usia anda atau akan membuat anda selamanya telentang di pembaringan atau duduk di kursi roda.

No comments: