Monday, May 26, 2014

Dapat tuilsan bagus mengenai INFP cekidot

http://arifabdurahman.com/2013/01/18/sang-idealis-tukang-ngimpi/

Sang Idealis Tukang Ngimpi

we are infp
Sebelumnya saya pernah ngebahas tipe kepribadian menurut golongan darah dan juga tentang 5 temperament (Koleris, Sanguin, Plegmatis, Melankolis, dan Supin). Mempelajari ilmu psikologi, khususnya teori kepribadian merupakan penganan menarik bagi saya.
Ilmu membaca kepribadian emang bukan hal baru, bahkan udah dikembangkan beratus-ratus tahun lamanya. Namun, sampai saat masih belum ada teori atau tes yang akurat mengenai kepribadian. Manusia itu unik. Sekalipun kembar identik, ga ada manusia yg sama antara satu dan lainnya. 
Nah, Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) kalau boleh dibilang merupakan tes inventori kepribadian yang paling akurat, mudah dipakai, dan banyak dipakai. MBTI bersandar pada empat dimensi utama kepribadian manusia yg dikotomis. Extrovert (E) vs Introvert (I). Sensing (S) vs Intuition (N). Thinking (T) vs Feeling (F). Judging (J) vs Perceiving (P). Ada 16 tipe kepribadian yang dibahas MBTI.

Hal-hal yg perlu dihindari dari MBTI: ALASAN dan LABELLING!

“Saya ga mau berhubungan sama banyak pelanggan dan mengurusi banyak klien soalnya saya orang introvert”. Contoh kaya gini sebaiknya kudu dihindari. Karena sama saja kita membatasi diri. Jangan menghakimi diri. Tujuan mengetahui MBTI ini agar kita bisa lebih fokus mengembangkan kelebihan kita sekaligus mencari cara memperbaiki sisi negatif kita.
Nah. Saya sudah coba tes berkali-kali, yg online maupun pas seminar, dan voila… hasilnya saya positif berkepribadian INFP:shock:
Juragan sekalian bisa melakukan tes secara online di MyPersonality.
mypersonality
Hasil tes di MyPersonality
ShakespeareBeethovenPutri DianaThom YorkeJohnny Deep, J.K Rowling, bahkan penemuMBTI sendiri merupakan beberapa contoh tokoh terkenal yang diidentifikasi berkepribadian INFP atau diistilahkan juga dengan kategori Introverted Feeling with Extraverted Intuition. Menurut Myers-BriggsINFP adalah orang yang introspektif, kreatif dan sangat idealis. Merupakan pribadi yang imajinatif, artistik dan memiliki bakat di bahasa dan tulisan. Paling spiritualis juga. :cool:
Geek. Nerd. Hipster. Awkward. Freak. Ya, pokoknya INFP tuh orang aneh, paradoks dan abstrak. Dan satu lagu yg paling saya banget itu Creep-nya RadioheadBut I’m a creep. I’m a weirdo. What the hell am I doing here? I don’t belong here~
Beberapa sisi buruk seorang INFP adalah
  • Sensitif terhadap segala jenis kritikan
  • Ga suka memimpin
  • Cenderung kritis, skeptis, mudah curiga dan pesimis
  • Diam dan menahan diri. Lebih suka bekerja sendiri
  • Terlalu idealis
  • Ga nyaman untuk mengekpresikan diri dalam bentuk verbal
INFP menjadi tipe kepribadian nomer satu yg angka kematian bunuh dirinya paling tinggi. Ingat kisah Romeo-Juliet. Kedua tokoh tadi contoh buat dramatisasi dramatik dari INFP. Ingat juga sama vokalisnya Nirvana kan. Lalu sama penulis klasik Sylvia Plath.
Satirnya, kuliah merupakan masa paling depresif buat seorang INFP. Artinya angka kematian bakal tinggi. Dan emang saya pun lagi super depresi, kadang pernah berpikiran untuk mengakhiri hidup, tapi ga terlalu ekstrem sih soalnya Alhamdulillah masih religius. :D
Berikut kata-kata yg ngegambarin seorang INFP.
INFP
Aktivis, arsitek, konselor, editor, filmmakergraphic designer, praktisi kesehatan holistik, jurnalis, fotografer, peneliti, dan penulis merupakan profesi yang nyambung sama INFP, dan emang saya pun kepincut sama bidang-bidang tersebut.
Oh ya, ini ada beberapa quote yg ngegambarin kami dari publik figur yg juga INFP.
I am cursed by acute sensibility. -JRR Tolkiens
Can you understand? Someone, somewhere, can you understand me a little, love me a little? For all my despair, for all my ideals, for all that – I love life. But it is hard, and I have so much – so very much to learn. - Sylvia Plath
My existence is not without reason! I know that I could be a quite different person! … There is something inside me, but what can it be? -Vincent van Gogh
I am one of the most idiosyncratic people around. -Bjork
[I've always] been in my own world. -Nicolas Cage
I’d rather be hated for who I am, than loved for who I am not. -Kurt Cobain
And I know I’m paranoid and neurotic, I’ve a career made of it. -Thom Yorke
Nah, kalau juragan sekian masuk tipe yang mana? Adakah yg sama INFP juga ga ya? :D
Who are mbti are you

No comments: